BUDGET PERNIKAHAN

, Posted by Jim Borneo at 11.51




Nah ini dia yang bikin para calon pengantin pusing, termasuk kami berdua juga... ha..ha...
Sebenarnya untuk Pemberkatan nikah di gereja dan biaya ke catatan sipil, modal 3 juta uda cukuplah... tp mengenai resepsi, ini dia.. 50 juta keatas, bahkan mencapai 100 jutaan.. apalagi target undangan yang diatas 200 orang.. atau 500 bahkan seribu orang, itu membuat biaya akan membengkak di konsumsi dan tempat acara karna harus mencari tempat yang bisa menampung undangan sebanyak itu..
dan itulah kami, undangan sekitar 700an, mencari tempat yang luas dan konsumsi yang banyak pula... hiks..hiks...

jadi untuk budget, kalo bisa tetapkan duluan, lalu atur sesuai budget, beberapa tips ini bisa jadi panduan..

1. Sedini mungkin
Ini yang penting, buat rencana pernikahan jauh-jauh hari, minimal 6 bulanlah,  untuk menghindari biaya dadakan yang akan membuat dana membengkak.
Tetapkan tanggal secepatnya karna itu menjadi acuan untuk Memesan tempat pernikahan, perkirakan jumlah tamu yang akan diundang, catat nama-nama yang diundang, dan sebagainya. Bandingkan beberapa lokasi yang diincar, dan pilih yang memberikan fasilitas paling lengkap dengan harga cukup murah. ini yang susah.. he..

2. Tetapkan Anggaran
tetapkan bugjet untuk pernikahan, untuk menyiasati biaya dadakan. bikin buku kas khusus.

3. Buat Ceklist
Ini juga penting buatlah ceklist, hal-hal apa saja yang harus dicari, dihubungi dan dilakukan... jadi tahu apa saja hal yang sudah dilakukan dan yang mana yang belum, karna mendekati hari H kita akan semakin bingung.. percaya lah..

4. Waktu menikah

Hindari musim pernikahan atau bulan yang ramai untuk mengadakan kegiatan besar, misalnya Lebaran,Imlek, natal, tahun baru,. Karna kesibukan persiapan Natal/Lebaran/imlek akan membagi konsentrasi, juga biasanya gedung ataupun katering dan dekorasi banyak dipakai untuk acara-acara tersebut.
 
5. Busana Pengantin
Meski Anda berharap ini adalah pernikahan sekali seumur hidup, bukan berarti Anda boleh “tutup mata” terhadap biaya busana pengantin. Pilih busana yang harganya terjangkau, toh hanya akan dikenakan satu kali. 

6. Belanja

Bandingkan beberapa penyedia jasa pernikahan, cari yang paling Anda suka dan membuat Anda merasa nyaman bila bekerja sama dengannya. Jangan sungkan bernegosiasi harga. Pesan cincin, bunga, dekorasi, musik pengiring dan dokumentasi pernikahan Anda tanpa terburu-buru. Minta rekomendasi dari teman atau kerabat bisa dilakukan. ini penting karna koneksi dari teman dan kerabat bisa mendapatkan harga yang miring dan diskon khusus.. percayalah.. ha..ha..


7. Tekanan

Hindari stres. Lebih baik, nikmati persiapan pernikahan Anda. Lakukan setiap proses dengan santai. Jangan biarkan pihak lain memaksa Anda melakukan ini-itu yang membuat biaya membengkak atau melebihi kemampuan.


8. Do It Yourself

Lakukan sendiri sebanyak mungkin persiapan pernikahan Anda. Ini akan membuat biaya pernikahan tidak membengkak. Kalau Anda memang jago mendesain, rancang sendiri kartu undangannya. Selain lebih murah, juga terkesan lebih personal

Currently have 1 komentar:

  1. zulaira says:

    Hallo calon pengantin, ada rencana menikah tapi gak mau ribet?
    HIS Graha Elnusa (Jl. TB. Simatupang, Kav. 1B, Jakarta Selatan) menyediakan All in Package Wedding lho!
    sudah termasuk:
    - Fasilitas Gedung (Full karpet & AC)
    - Dekorasi
    - Catering
    - Rias & Busana
    - Entertainment
    - Photography
    - Tim WO 6 orang + MC
    - Mobil Pengantin Alphard
    BONUS: Exclusive Honeymoon ke Maldives, FREE undangan & souvernir, dan masih banyak lg BONUS khusus booking akhir tahun 2018 ini.
    Untuk lebih lanjut hubungi INES 085887972972 sebagai Wedding Consultant kamu ;;)

Leave a Reply

Posting Komentar

Silahkan Kritik, saran dan pendapatnya: